Ikuti Cara Balik Nama Mobil Jika Anda Memilih untuk Mengurus Sendiri

Biasanya setelah membeli mobil bekas, seseorang akan melakukan balik nama untuk membuktikan bahwa kepemilikan mobil tersebut telah menjadi hak miliknya. Balik nama dilakukan dengan mengubah data pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Bagi Anda yang membeli mobil bekas harus mengetahui Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). BBNKB ini tercantum dalam STNK mobil, bila sudah pernah diperjualbelikan maka akan tertulis besaran nilai nya, namun jika belum pernah maka nilainya kosong.

Apakah Anda masih bingung dengan BBNKB? Baik, mari lanjutkan pembahasan tentang BBNKB. BBNKB merupakan biaya yang sudah ditetapkan untuk melakukan perubahan kepemilikan kendaraan bermotor. Ketika Anda membeli atau menjual mobil bekas, maka ada biaya balik namanya sehingga kendaraan tersebut memiliki nama sesuai dengan pemiliknya. Balik nama membuat kepemilikan Anda diakui secara sah oleh negara dan hukum yang berlaku oleh karena itu akan sangat penting untuk segera mengurus pemindahan kepemilikan kendaraan ini sesuai pasal 1 nomor 14 UU Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

Cara Balik Nama Mobil dengan Mengurus Sendiri

Ada 2 dokumen yang perlu dilakukan balik nama yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)  dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Berikut ini adalah cara balik nama mobil yang dapat Anda lakukan sendiri:

  1. STNK
  2. Persiapkan semua kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk melakukan ganti nama STNK. Proses balik nama dapat dilakukan di kantor Samsat terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. pastikan untuk fotokopi dua kali atau lebih dokumen yang diperlukan untuk berjaga – jaga bila ada masalah. Sejumlah dokumen penting yang diperlukan antara lain sebagai berikut:
    • Fotokopi hasil pengesahan cek fisik
    • Fotokopi STNK dan aslinya
    • Fotokopi BPKB mobil yang ingin dilakukan balik nama
    • Fotokopi KTP pemilik aslinya dan pemilik baru
    • Fotokopi kwitansi yang ditandatangani penjual dan pembeli di atas materai Rp. 10.000,-
  3. Cek kondisi fisik mobil dengan pergi ke kantor Samsat
  4. Isi formulir yang diberikan petugas
  5. Serahkan dokumen ke petugas loket
  6. BPKB
  7. Ganti nama BPKB dapat dilakukan setelah Anda mendapatkan STNK dengan nama yang baru. Adapun berkas – berkas yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut:
    • Fotokopi STNK yang baru (sudah dibalik nama)
    • Fotokopi KTP (pemilik baru)
    • Fotokopi BPKB (pemilik lama)
    • Fotokopi surat pengesahan cek fisik
    • Fotokopi kwitansi pembelian mobil
    • BPKB asli (pemilik lama)
  8. Pergi ke Polda
  9. Isi formulir yang diberikan petugas
  10. Bayar tagihan
  11. Ambil BPKB ketika sudah waktunya

Apakah Anda sedang mengurus balik nama untuk mobil? jangan lupa lakukan cara balik nama mobil di atas supaya tidak kebingungan. Lebih baik balik nama dilakukan sendiri karena berbagai manfaat yang diperoleh seperti mengurangi kesalahan data, data menjadi terkumpul secara rapi, dan biaya yang Anda keluarkan menjadi lebih murah.

Sebelum melakukan balik nama jangan lupa untuk membeli mobil di IBID. Karena sistem transaksinya mudah, menyediakan barang yang dilelang dengan kualitas mumpuni dan baik, pembayaran dapat dilakukan secara online, keamanan terjaga, tampilan aplikasi yang memudahkan ketika pertama kali digunakan, serta berbagai kelebihan lainnya. Anda dapat mengunduh aplikasi IBID di Apple App Store maupun Google Play Store dengan mudah.